Membuka aib orang


Sore  ini  aku  sempat  santai  bareng  suster  Zarah,  teman  kerjaku,  kami  ngobrol  apa  aja,  sampai  acara  di  tv  memberitakan  perihal  Luna-Ariel.  Suster  Zarah  berkata,  “Fit  kasian  lo  si  Luna dan  Ariel  dia  dihujat  dimana-mana,  diBandung  lebih  parah,,”   Terus  aku  tanya,  “Emang  yang  dari  Bandung  siapa  Bu?”  “Itu  si Ariel  dia  kan  berasal  dari  Bandung,,”  Kata  suster  Zarah.  “Oh  pantas  orang  Bandung  marah  bu  kan  bikin  malu  kampungnya”  Jawabku.  “Bukan  gitu  Fit,  emang  pemerintah  kita  gak  punya  dosa?  bahkan  siapa  tuh  yang  pengacara  itu,  dia  tu  bejat  sekali  tapi  ikut  menghujat  luna,  seakan-akan  dia  gak  pernah  berbuat  salah”

Dipikir-pikir,  kata  suster  Zarah  ada  benarnya,  lihat  aja  pemerintah  kita,  semakin  hari  kebusukannya  terbongkar  satu-persatu.  Tapi  mau  bilang  apa,  emang  kayaknya  budaya  kita  begitu,  suka  sekali  membuka  aib  orang  lain  dan  lupa  akan  dosa  sendiri.

Aku  ingat  beberapa  waktu  lalu  nonton  film Perempuan  berkalung  Sorban, bagus  sekali  ceritanya,  namun  ada  cerita  disaat  anak  perempuan  yang  punya  pesantren  difitnah  telah  berzina,  hingga  dilakukan  hukuman  dilempar  dengan  batu.  Pada  waktu  itu  semua  santri  ikut  melempar  perempuan  itu,  dan  turunlah  siIbu  membela  putrinya,  dengan  memungut  sebuah  batu  ditangannya,  sambil  mengacungkan  batu  itu  siIbu  berkata,  ”  Hanya  yang  tidak  pernah  berbuat  dosa  yang  boleh  melempar dengan  batu  ,,”  Dan  siIbu  berjalan  memberikan  batu  ditangannya,  Tapi  semua  santri  terdiam,  sepertinya  mereka  sadar  bahwa  setiap  manusia  tidak  pernah  lepas  dari  dosa.

Sepertinya  kita  butuh  sosok  seperti  Ibu  tadi  yang  bisa  mengingatkan  kita,  bahwa  kita  juga  gak  pernah  lepas  dari  kesalahan.

Bagaimana  denganmu  teman?

***

Malam  rabu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s