Murid Kelas 4 SD


Seorang murid kelas 4 SD selalu terlambat masuk kelas. Dan pak guru tak segan2 memukul telapak tangannya dengan penggaris kayu, sebagai hukuman.

Berulang setiap hari terus dan terus. Sampai pak guru sangat kesal dan memukul penggaris kayu sekuat tenaga sampai patah. Dengan air mata menetes dan tangan bengkak sang murid tetap belajar di kelas dengan tekun.

Namun kebiasaannya datang terlambat tidak berubah. Walau dihukum berulang2. Sungguh anak yang nakal.

Suatu pagi pak guru melihat muridnya yg sering terlambat itu berjalan diujung gang kecil. Penasaran, pak guru memperhatikan muridnya yg jago terlambat itu dari kejauhan. Membuntutinya sampai ke sebuah rumah sederhana berdinding kayu dan kardus.

Seorang anak berseragam putih merah lainnya yang nampaknya lebih besar, datang dengan berlari, menghampiri muridnya. Sungguh sebuah pemandangan diluar dugaan terjadi kemudian. Mereka bertukar seragam. Kemeja putih, celana merah dan sepatu. Sekarang dikenakan muridnya dan langsung berlari ke sekolah…

Pak guru tertegun… tak terasa air mata menetes di pipinya. Jadi ini yg membuatnya selalu terlambat. Dia menunggu kakaknya pulang sekolah karena seragam mereka cuma satu dan dipakai bergantian. Pantas selalu nampak kedodoran.

Pagi itu, si siswa datang terlambat lagi, seolah sadar jika akan di hukum, dia buru buru mengulurkan kedua telapak tangannya untuk dipukul dengan penggaris kayu, seperti biasanya.

Pak guru mendekatinya, lalu ….
Memeluknya erat sekali, sambil berbisik….
“Maafkan bapak nak… maafkan bapak… bapak salah menilaimu ”
————-

Begitulah kita. Seringkali kebencian itu ada hanya karena prasangka, hanya karena kita tak tau keadaan sesungguhnya. Kita yakin pada prasangka kita yg belum tentu benar. Dan bersikap seolah kita yg benar.

Kita membenci orang yang tak seharusnya kita benci. Bahkan mengajak orang2 lain untuk ikut membenci hanya karena dugaam dan prasangka kita, hanya karena ketidak tahuan kita akan kondisi sesungguhnya.

Sungguh Alloh tidak menyukai perasangka dan hasut.

#SelfReminder

 

(Status fb seorang teman)

Iklan

Satu pemikiran pada “Murid Kelas 4 SD

  1. Aku pernah lihat pemandangan Ini di video tayangan dari Malaysia atau Thailand gitu di youtube. Dan memang mengharukan, betapa untuk menyalahkan orang mah gampang tanpa tahu persoalan sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s