Catatan Tuk Adekku


Assalamu’alaikum  Wr.Wb..

Bicara  soal  anak,  jujur  aja   aku  tidak  begitu  paham,  karena  hingga  saat  ini  aku  belum  memilikinya.  Tapi  sebagai  wanita  aku  sangat  ingin  memiliki  anak  yang  lahir  dari  rahimku  sendiri,  ingin  sekali  menyempurnakan  diri  sebagai  seorang  istri  dan  seorang  ibu  dari  anak-anakku.  Namun  kembali  lagi  semuanya  sudah  ada  yang  mengatur,  dan  kita  sebagai  manusia  hanya  menjalani  saja,  tanpa  melupakan  untuk  berDo’a  dan  berusaha.

Bagiku  seorang  anak  adalah  anugerah,  titipan  Allah  yang  harus  dijaga,  dibimbing  hingga  kelak  ia  mampu  mandiri,  dan  tanggung  jawab  orang  tua  tidak  hanya  di dunia  tapi di akhirat  juga.  Namun  anak  bukan  milik  kita  orang  tuanya,  seperti  anak  panah,  orang  tua  adalah  busur  yang  mengarahkan  anak  hingga  tepat  pada  sasaran,  dan  ketika  anak  panah  itu  lepas  melesat  meninggalkan  busurnya,  dia  sendirilah  yang  menentukan  lurus  mengikuti  arahan  atau  melenceng    jauh  dari  sasaran.

Misalkan  nanti  aku  diberi  kesempatan  untuk  menjadi  seorang  ibu,  maka  pendidikan  terhadap  anakku,  akan  aku  mulai  sejak  dini,  karena  ibarat  kaset  anak  balita  itu  adalah  kaset  kosong,   dan  kita  bisa  mengisinya  sesuai  yang  dibutuhkan.

Pendidikan  Agama.     Pendidikan  Agama  adalah  tonggak  dari  segalanya,  apalagi  anak  merupakan  penerus  generasi,  tempat  kita  menggantungkan  harapan  dihari  tua  nanti.  Bila  esok  aku  meninggal  dunia  maka  anakkulah  yang  memegang  pintu  kubur,  sesuai  ajaran  agama  kita,  ketika  anak  cucu  Adam  meninggal  dunia,  maka  putuslah  segala  amalan  di  dunia,  kecuali  tiga  perkara:

  1.   Sadakah  Jariah.
  2.   Ilmu  yang  bermanfaat.
  3.   Do’a  anak  yang  saleh.

Mengarahkan  Anak  sesuai  potensi  bakat  &  Minat  anak.  Bakat  dan  minat  pada  anak  sudah  terlihat  dari  kecil,  ketika  dia  memilih  mainan  apa  yang  dia  sukai  dan  mainan  apa  yang  dia  tidak  sukai,  dari   sana  aku  akan  mengikuti  apa  yang  disukai  anakku  kelak,  tanpa  memaksakan  kehendakku,  tentu  saja  dengan  mengarahkannya  dan  memberikan  pengertian  apa  dan  bagaimana  hal  yang  disukai  itu.

Anak  bandel  &  susah  di atur.  Menurut  pengalamanku  yang  dulu  juga  pernah  menjadi  anak-anak  :)  dan  melihat  ponakanku  yang  sekarang  sudah  sangat  banyak,  bandel  dan  susah  di atur  itu  adalah  hal  yang  wajar,  mereka  melihat  banyak  hal  yang  baru  dan  ingin  sekali  mengetahuinya.  Bahkan  semua  larangan  akan  dengan  senang  hati  mereka  langgar,  ketika  kita  mengatakan  gula  itu  manis  mereka  akan  mengecapnya  dengan  lidah  untuk  mengetahui  manis  itu  seperti  apa,  hingga  ketika  mereka  dijauhkan  dari  api,  tetap  saja  mereka  menjangkau  api  itu  untuk  merasakan  sakit  atau  menyenangkan.  Di sini  aku  akan  berusaha  mendampingi  mereka,  dan  menjaga  agar  kenakalan  mereka  tidak  sampai  membahayakan  diri  mereka.

Kekerasan  dalam  mendidik  anak.  Anak  dari  usia  4  tahun  itu  ingatannya  sudah  sangat  kuat,  apalagi  terhadap  kekerasan  yang  mereka  terima,  dan  itu  akan  membuat  mereka  trauma  bahkan  dendam  pada  kita  orang  tuanya.  Kemaren  aku  dapat  ilmu  baru  dari  guru  playgroup  ponakanku,  kata  beliau  ketika  seorang  anak  berbuat  kesalahan,  kita  tidak  perlu  membentak  apalagi  memukul,  tapi  panggil  rangkul  dan  berikan  makanan  kesukaannya,  sehingga  ia  merasa  nyaman  dan  di saat  itulah  kita  memberikan  pengarahan  kalau  yang  dilakukannya  itu  salah.

Menyikapi  anak  yang  hadir  di  era  global  yang  bertekhnologi  canggih.  Tugas  kita  sebagai  orang  tua  makin  berat,  ketika  harus  memilih  membiarkan  anak  kita  mengenal  handphone,  internet  dan  lain-lain  atau  menjadikan  mereka  anak  yang  tidak  mengenal  semua  itu.  Tapi  di saat  kita  semakin  mapan,  kita  cenderung  memanjakan  mereka  dengan  semua  kecanggihan  itu.  Bahkan  playgroup  sekarang  saja  sudah  mengenalkan  komputer  kepada  anak  didik  mereka,  jadi  sangat  tidak  bijak  jika  kita  menjauhkan  mereka  dari  semua  kemajuan  itu. Dan  aku  akan  sangat  bangga  jika  anakku  kelak  bisa  mengikuti  kemajuan  zaman  ini,  tentu  saja  ada  area  tertentu  yang  belum  pantas  untuk  mereka  kunjungi,  nah  di sinilah  tugas  kita  sebagai  orang  tua  untuk  membimbing  mereka,  sehingga  mereka  tidak  salah  kaprah  dalam  mempergunakan  kemudahan  dunia  internet.

Postingan  kali  ini  cukup  berat  bagiku,  bahkan  hatiku  terasa  sakit  setiap  kali  membicarakan  masalah  ANAK,  dan  aku  menjadikan  ANAK  sebagai  salah  satu  topik  yang  harus  di jauhkan  dari  diriku.  Aku  akan  berubah  menjadi  wanita  yang  sangat  sensitif  apabila  topik  pembicaraan  berkisar  seputar  masalah  ANAK.  Tidak  perlu  aku  katakan  sudah  berapa  banyak  air  mata  yang  aku  tumpahkan  untuk  masalah  yang  satu  ini,  dan  betapa  kecewanya  aku  ketika  malihat  berita  di koran  atau  TV  yang  memberitakan  tentang  ditemukan  mayat  bayi  atau  bayi  yang  baru  lahir  dibuang  oleh  ibunya  sendiri,  ditambah  lagi  dengan  pemuda  yang  sengaja  mencarikan  obat  untuk  menggugurkan  kandungan  pacarnya,  sakit  sekali  hatiku.  Ingin  aku  teriak  pada  mereka.

“Berikan  anak  itu  padaku.  Lihat  aku  yang  begitu  merindukan  buah  hati  namun  hingga  saat  ini  belum  bisa  mendapatkannya,  tapi  kalian  yang  sudah  diberi  kepercayaan  malah  menyia-nyiakannya.”

Namun  pantanganku  kali  ini  sengaja  aku  langgar,  walau  dengan  hati  yang  teriris,  dan  memerlukan  waktu  berhari-hari,  karena  aku  butuh  kekuatan  lebih  dalam  mengupas  masalah  yang  satu  ini.  Hal  ini  kulakukan  karena  ingin  ikut  memeriahkan   ajang  yang  di adakan  oleh  adekku  Arif  Bayu  Saputra.

Create your own banner at mybannermaker.com!

Aku  mengucapkan :

  •   SELAMAT  ULANG  TAHUN,  kepada  adekku  Uzlifahtul  Fitriah  yang  ke  20,  dan  kehamilannya  diusia  6  bulan  bertepatan  tanggal  23  April   2011  di mana  acara  Giveaway  “Bayu  Family  Berbagi”  resmi  dibuka.
  • SELAMAT  ULANG  TAHUN  juga  buat  adekku  Arif  Bayu  Saputra  yang  hari  kelahirannya    tanggal  2  April.
  • SELAMAT  ULANG  TAHUN  PERTAMA  untuk  pernikahan  mereka  berdua.

Lengkap  banget  kebahagiaan  pasangan  muda  ini,  semoga  diberikan  kesabaran  hati  dalam  menjalani  kehidupan  berumah  tangga,  diberikan  pemahaman  yang  luas,  hingga  seberat  apapun  masalahnya  dapat  menemukan  jalan  keluar  yang  sebaik-baiknya,  ibarat  mengambil  benang  dalam  tepung,  benang  di ambil  tanpa  harus  menumpahkan  tepungnya.

Ini  sebuah  hadiah  dariku,  semoga  terhibur.

Selamat  Malam.

Salam,  Fitr4y.

32 pemikiran pada “Catatan Tuk Adekku

  1. Ping-balik: Catatan Tuk Adekku | Fitr4y's Blog

  2. yang sabar ya ka…. Tuhan pasti punya rencananya sendiri untuk kakak..nanti mudah-mudahan secepatnya dikarunia buah hati yang cantik n ganteng,, aminn ( ih so bijak gwa0 untuk adenya kakak met ultah wish u all the best .. mantaaaaaaap ilmu pendidikan ttg anak2 im like it … seee yaaaa

  3. uni…sabar yah…mungkin Allah belum ksh kesempatan buat uni, ambil hikmah nya aja uni yaitu uni bisa lebih mempersiapkan segala sesuatu nya untuk si buah hati.
    aq bisa ngerasain kok uni meskipun aq sendiri udah nikah, krn kakakq yg udah menikah jg blm dikasih lg setelah 2 kali keguguran😥
    sabar ya uni🙂

  4. Duh malu rasanya ma uni..dlm pendidikan anak2 kayanya lebih pengalaman uni deh..
    Oya coba lihat diALQuran surah Nuh ayat 10-12..memperbanyak istighfar salah satu upaya menarik nikmat2 Allah,termasuk anak.selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s