Mbak Warteg


Assalamualaikum … Saudaraku  semua …

itung-itung duit cukup gak ya ...

Semakin  dekat  Hari  Lebaran  yang  kita  tunggu-tunggu,  jalanan  makin  macet,  pusat grosir makin rame,  pusat  perbelanjaan  makin  dipenuhi  pengunjung.  Semuanya  seperti  berpacu  dengan  waktu,  tapi  ada  sosok  diujung  jalan  yang  sepertinya  terlupakan.

Sebut  saja  namanya  Mbak  Warteg, karna  aku  gak  tau  siapa  namanya,  tempat  aku  sering  beli  nasi  kalo  berangkat  kerja  dan  kebetulan  dirumah  gak  masak.  Hari  itu  seperti  biasa  aku  beli  nasi bungkus,  tapi  ketika  aku  masuk  warteg yang  tidak  begitu  luas  aku  lihat  mbak  Warteg  lagi  melamun  duduk  sendiri,  langsung  aja  aku  tegur,

me                      :   “Lagi  ngapain  mbak ???

mbak Warteg  :  ” e uni,  lagi  ngitung  duit  buat  pulang  kampung  uni,  anak  4  udah  dibeliin  baju  masing-masing  satu  stel  dah  dari  kemaren-kemaren,  adek  saya  dah  nganggur  satu  tahun  juga  harus  di beliin  baju”  Jawab  mbak  Warteg  menerangkan  kegundahannya  padaku.

me                       :    “Adeknya  dah  nikah ?  Tanyaku  lagi  ingin  tau .

mbak  Warteg  :    “Udah  uni,  tapi  kan  nganggur  jadi  saya  sebagai  kakak  harus  bertanggung  jawab”  kata  mbak  warteg.

me                        :     “Sama  mbak,  aku  juga  mikir  kalo  mau pulang,  ngabisin  uang  banyak”  kataku  lagi.

mbak  Warteg   :     “Iya  uni,  aku  bisa  pulang  tapi  mikir  ntar  balik  kesini  modal  dagangnya  habis,  mau  dagang  gimana”  Kata  mbak  Warteg  sambil  ketawa  menutupi  kerisauan  hatinya.

Itulah  sedikit  percakapanku  dengan  mbak  Warteg  yang  udah  janda dengan  4  orang  anak,  lumayan  bikin  pusing  ketika  Lebaran  tiba  dan  pulang  kampung  menemui  keluarga  tercinta.

Sepertinya  jadi  suatu  beban  yang  berat,  ketika  kita  pulang  kampung  selain  membelikan  oleh-oleh  untuk  keluarga  dekat  harus  bawa  juga  bingkisan  untuk  tetangga  dan  keluarga  jauh,  bisa-bisa  uang  yang  kita  kumpulin  satu  tahun  habis  dalam  waktu  yang  sekejap.

Segitu  dulu  saudaraku,  aku  jadi  mikirin  juga nih  soalnya  minggu  depan  aku  juga  pulang  kePadang,  masalah  ongkos  gak  mikirin  ada  Bos  yang  nanggung,  tapi  soal  oleh-olehnya,  aku  bener-bener  pusing …

Selamat  berpuasa  Saudaraku …


Iklan

25 pemikiran pada “Mbak Warteg

    • Gimana ya, masalahnya nih dapat rejeki nomplok, di ajak pulang gratisss, sayang gak di ambil, belum tentu taun depan dapat gratisan lagi hehe..

  1. duh aku kok malah ga mikirin ya keknya sama aja dah lebaran ga lebaran abis . ya begitu saja kan. sholat id dan silahturahmi. iyakan. pulang ke kampung kan bisa kapan aja. ga harus lebaran kan. aku malah kalo di tempatku berkerja ada usulan lebaran kerja aku malah senang kerja. Semoga tetap sehat dalam menjalankan aktivitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s