Lomba MAPEN 2011 : Ati Ra Kuat Nandang Roso


Sore  itu  di  sebuah  rumah  kontrakannya  ibu  Uun  di  daerah  Dwi  Warna  Jakarta  Pusat,  Surti  tertidur  pulas  beristirahat  untuk  kembali  bekerja  nanti  malam.  Kamar  yang  tidak  berapa  luas  itu  hanya  berisi  dua  buah  kasur  yang  digelar  di  lantai  beralaskan  karpet,  serta  dua  buah  lemari  kayu  kecil  yang  berisi  pakaian  Surti  dan  Dewi  teman  sekamarnya.

Tengah  asiknya  Surti  menikmati  tidur  sorenya  itu,  tiba-tiba  ada  langkah  yang  tergesa-gesa  menghampiri  kamar  itu,  dan  membukanya  dengan  cepat  masuk  dan  menutup  pintu  serta  langsung  menguncinya.  Ternyata  Dewi  pulang  seperti  orang  dikejar  maling,  menyebabkan  Surti  terbangun.

Surti  :  (Duduk  memandang  Dewi  heran,  sambil  mengucek  mata).  “Kenapa  Wi ?  kok  pulang-pulang  kaya  ngeliat  setan  begitu?”

Dewi  :  (Masih  berdiri  ngos-ngosan,  mengintip  keluar  jendela  dari  balik  gorden  yang  warnanya  sudah  kusam).  “Surti,  cepetan  pinjamin  aku  uang  gocap,  ayo  cepetan.”

Surti  :  (Berdiri  malas-malasan  melangkah  menghampiri  lemari  dan  mengambil  selembar   uang  kertas  lima  puluh  ribuan  dari  dalam  tasnya  yang  berada  di atas  lemari).  “Nih.”

Dewi  :  (Segera  mengulurkan  tangan  kanannya  untuk  menjangkau  uang  yang  ada  di  tangan  Surti,  tapi  Surti  menarik  tangannya  kembali  yang  menyebabkan  Dewi  melotot  marah  merasa  dipermainkan).  “Ayo  cepetan.”

Surti  :  (Masih  menyembunyikan  tangan  yang  memegang  uang  kertas  itu  dibalik  punggungnya).  “Aku  pinjami  kamu  uang  ini,  kamu  ijinkan  aku  maen  Laptopmu  itu.” (Surti  tersenyum  sambil  melirik  Laptop  yang  masih  dipegang  Dewi  dengan  tangannya  yang  lain).

Dewi  :  (Langsung  mengangsurkan  Laptop  di  tangan  kirinya  pada  Surti,  dan  merebut  uang  dari  Surti  serta  segera  keluar dan  berlari  entah  kemana).

Surti  tersenyum  mengelus  Laptop  yang  selama  ini  hanya  bisa  dipandanginya  saja,  karena  Dewi  tidak  pernah  mengijinkannya  untuk  menyentuh,  tapi  hari  ini  tumben  si  Dewi  memberikannya  dengan  rela.

Langkah  kaki  yang  gontai  terdengar  menghampiri,  dan  kali  ini  Dewi  masuk  dengan  bernafas  lega,  membuka  sepatu  hak  tingginya,  menutup  pintu  dengan  pelan,  melangkah  menghampiri  kasurnya  dan  berbaring  dengan  diam.

Surti  :  (Asik  mengelus  Laptop  karena  gak  tau  cara  memakainya).  “Kenapa  lagi  sih  Wi?”

Dewi  :  (Memejamkan  mata  dan  menarik  nafas  panjang).  “Itu  penagih  kartu  kredit  datang  lagi.”

Surti  :  “Dewi,  kamu  harus  segera  melunasi  hutang-hutangmu  itu,  aku  tidak  mau  kehilangan  kamu  karena  dibunuh  oleh  mereka  seperti  yang  di  tv  itu.”  (Marah  karena  khawatir  pada  keselamatan  Dewi).

Dewi  :  (Bangkit  duduk  dan  mengambil  Laptop  yang  dari  tadi  hanya  di  elus  oleh  Surti,  Dewi  mulai  membuka  Laptop  kesayangannya  itu).  “Begini  cara  memainkannya  Surti.”  (Menarik  nafas  panjang).  “Hutang  ku  pada  mereka  hanya  tujuh  juta  Rupiah,  dengan  memberikan  lima  puluh  ribu  Rupiah  kalo  mereka  datang,  itu  urusannya  selesai,  gak  bakalan  ada  pembunuhan,  ngerti  nggak?”

Surti  :  (Bengong  memikirkan  perkataan  Dewi  yang  baginya  tidak  masuk  akal  itu). “Cariin  aku  lagu  yang  dulu  sering  dinyanyiin  mas  Bedjo  buatku.”

Dewi  :  (Geleng-geleng  kepala  karena  Surti  masih  saja  mengingat  Bedjo  pacarnya  dulu  yang  berkhianat  dan  sekarang  sudah  menikah  dengan  perempuan  lain).  “Kamu  itu,  masih  aja  ingat  sama  orang  yang  jahat  itu.”

Surti  :    “Namanya  juga  Cinta,  aku  tunggu  dudanya  dia.”  (Menggeser  duduknya  mendekati  Dewi).

Dewi  :  (Masih  sibuk  berusaha  mengaktifkan  internet  yang  jaringannya  rada-rada  lambat).  “Emang  laki-laki  cuma  dia  tok?  Kalo  dia  gak  cerai-cerai?”

Surti  :  (Tetap  sabar  memperhatikan  gerakan  jari  jemari  Dewi  yang  begitu  gemulai  mempermainkan  tombol-tombol  di  Laptop  itu).  “Perempuan  di  dunia  kan  jumlahnya  lebih  banyak  dua  kali  daripada  laki-laki,  kalo  dia  gak  pernah  jadi  duda,  ya  aku  rela  jadi  istri  ke  dua.” (Ketawa  cekikikan, sambil  membayangkan  dirinya  menjadi istri  ke  dua  mas  Bedjo  yang  sangat  dicintainya  itu).

Dewi  :  (Menatap kasihan  pada   Surti  yang  gak  pernah  mau  melupakan  lelaki  masa  lalunya).  “Nih  dia  nyanyi  mas  Bedjo  mu  itu,  silahkan  dinikmati,  aku  mau  tidur  dulu.”  (Meninggalkan  Surti  yang  kegirangan  menemukan  lagu  kesayangannya  dengan  pacarnya  dulu,  Dewi  kembali  merebahkan  tubuhnya  di  atas  kasur).

Surti  terpana  menatap  layar  Laptop  yang  ada  gambar  dan  suaranya  itu,  lagu  yang  dulu  selalu  dinyanyikan  oleh  kekasih  tercinta.  Untuk  beberapa  saat  Surti  larut  dalam  tayangan  Youtube.

Surti  :  (Mengusap  matanya  yang  mulai  meneteskan  air  mata).  “Mas  Bedjo,  ati  ra  kuat  nandang  roso.”

Dewi  :  “Lupakan  Bedjo  itu  Surti,  kecuali  dia  punya  uang  tujuh  juta,  pinjemin  ke  aku,  untuk  lunasin  utang  kartu  kreditku”.  (Mencoba  menghibur  Surti).

Surti  :  “Pacarin  orang  kaya  sana,  jangan  pinjem  uang  pada  pacarku”. (Tangisnya  mulai  meledak,  ingat  kalau  Bedjo  sudah  menikah  dengan  perempuan  lain).

Dewi  :  “Iya,  ku  bakalan  cari  cowok  yang  kaya  raya,  biar  bisa  bayarin  seluruh  utang-utangku.”  (Mulai  terisak  sedih  mengingat  banyaknya  hutang  yang  telah  ia  buat,  karena  mengikuti  gaya  hidup  mewah  semenjak  tinggal  di  Jakarta).

Sore  itu  di  rumah  kontrakan  ibu  Uun,  dihiasi  oleh  tangisan  sedih  dua  perempuan,  diselingin  dengan  suara  nyanyian  Cak  Diqin – Cinta  Tak  Terpisahkan  dari  Youtube.

“Naskah  MAPEN  ini  diikutkan  dalam  LOMBA  MAPEN  2011  yang  diselenggarakan  oleh  Charlyc  Design,  blognya  Sumarno  Wec.”

52 pemikiran pada “Lomba MAPEN 2011 : Ati Ra Kuat Nandang Roso

  1. howahahahaha,,, lagu favorit saya di kala siang hari. qkqkqk
    sudah menduga dari baca status fb kemaren “Ati ra kuat nandang roso” kaya lirik sebuah lagu campur sarian… ternyta benar.. hehe

    buat kontes to?? semoga sukses dalam kontesnya uni…🙂

  2. selalu ada ciri khas dari cerita yang Mbak Fitray bikin😀
    sukses ya mbak MAPENnya.. mudah2an menang, mbak ini kreatif lho hehe..
    *lagu di atas adalah satu2nya lagu campursari yg saya punya di Laptop saya😀

  3. Ping-balik: Mari Berkomunitas Di Faceblog | EHow Qoe

  4. wwwk.. kalo punya hutang itu di bayar, jangan di bayar debt dengan 50 K itu bukan solusi lebih baik minta keringanan ke Bank bersangkutan

  5. Sory Uni…baru nongol disini lagi….hehehehe……

    baca ceritanya…ngakak terussssssssssssss…

    Terima kasih atas partisipasinya, sahabat sudah dicatat sebagai peserta Lomba MAPEN 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s