Gaya Hidup Sehat


M O T I V A S I

Kalau  kita  ditanya,  bagaimana  kabar  Anda?  Sering  kita  menjawab  dengan  kata  “sehat”.  Tapi,  pernahkah  kita  berpikir  apakah  kita  ini  benar-benar  sehat  atau  “sehat”  secara  klise  saja?  Ingatkah  Anda,  kapan  terakhir  kali  Anda  cek  kesehaatan  di laboratorium  dan  bagaimana  hasil  cek  lab  tersebut?  Bagaimana  dengan  fungsi  kelima  organ  vital  Anda,  seperti  jantung,  otak,  paru,  liver,  ginjal?

Sesungguhnya  kata  “sehat”  seringkali  kita  identikkan  dengan  keadaan  tanpa  keluhan.  Apabila  kita  merasakan  keluhan  barulah  kita  menyatakan  bahwa  kita  sakit.  Tapi  bila  tidak  ada  keluhan,  maka  kita  merasa  diri  kita  “sehat”.  Seseorang  yang  sudah  bertahun-tahun  merokok,  mungkin  akan  mengatakan  bahwa  dirinya  sehat  pada  saat  dia  tidak  mengalami  keluhan  sama  sekali.  Tapi  sebenarnya  banyak  sel-sel  dalam  tubuhnya  terutama  sel-sel  saluran  pernafasan  yang  sudah  rusak  bahkan  mati.  Pada  saat  kerusakan  masih  dapat  ditolerir  oleh  tubuh,  maka  tubuh  sepertinya  masih  dalam  kondisi  nyaman.  Akan  tetapi  pada  saat  kerusakan  sudah  parah  maka  tubuh  akan  berada  dalam  kondisi  sakit.

Untuk  itu  diperlukan  suatu  life  style  atau  gaya  hidup  sehat  agar  tubuh  kita  benar-benar  sehat,  bukan  sehat  menurut  perasaan  kita  saja.  Cek  laboratorium  sangat  penting  Anda  lakukan  secara  berkala,  usia  diatas  40  tahun  dianjurkan  melakukan  check-up  tiap  6-8  bulan  sekali.  Dengan  demikian  Anda  akan  mengetahui  kesehatan  dalam  parameter  yang   benar.  Selain  melakukan  check-up,  yang  terpenting  adalah  melakukan  pola  hidup  sehat.  Pada  saat  ini  pola  hidup  sehat  menjadi  kebutuhan  yang  sangat  vital,  apalagi  jaman  sekarang  ini  penuh  dengan  stres  tinggi,  polusi, tersedianya  makanan  yang  tidak  sehat  (seperti  junk  food  misalnya),  dan  gaya  hidup  yang  buruk.  Apakah  yang  disebut  pola  hidup  sehat.

1.  Pola  makan  dan  minum  sehat.

Dalam  menjaga  pola  makan  dan  minum,  maka  harus  disesuikan  dengan  banyak  faktor  seperti  usia,  jenis  kelamin,  aktivitas,  penyakit  yang  menyertai,  dll.  Pada  intinya  makanan  atau  minuman  sebaiknya  diambil  dari  zat-zat  alami  yang  tidak  tercemar  dan  komposisinya  disesuaikan  dengan  usia.  Contoh,  sebaiknya  Anda  yang  usianya  diatas  35 tahun  mengurangi  makan  makanan  yang  banyak  mengandung  lemak.  Perbanyak  kandungan  vitamin,  mineral,  serat,  buah-buahan,  dan  sayuran.  Kurangi  konsumsi  gula,  perbanyak  minum  air  putih  minimal  8  gelas  perhari,  dan  tentu  saja  mengkonsumsi  Oxy  secara  teratur  untuk  menjaga  kesehatan  kita.

2.  Olah  raga  teratur.

Beberapa  penelitian  menyatakan  olah raga  yang  dilakukan  rutin  tiap  hari  memberi  manfaat  yang  besar  untuk  tubuh  kita.  Untuk  jenis  olah raga  sendiri  sebaiknya  disesuaikan  dengan  usia  kita.  Namun  pada  dasarnya  olah raga  yang  paling  baik  adalah  olah raga  yang  mempunyai  gerakan  kontinyu  25  menit  tanpa  putus,  seperti  senam  atau  aerobic  misalnya.  Denga  berolah  raga  maka  akan  menambah  kekuatan  otot-otot  jantung,  sehingga  kekuatan  jantrung  dalam  memompa  darah  semakin  meningkat.  Disamping  itu,  dengan  berolah  raga  maka akan  meningkatkan  asupan  oksigen  dalam  sel-sel  tubuh.

3.  Istirahat  yang  cukup.

Setengah  waktu  kita  dalam  sehari  bahkan  lebih  biasanya  kita  gunakan  untuk  beraktivitas.  Pada  saat  beraktivitas  itu  sel-sel  kita  bekerja  dengan  optimal  bahkan  maksimal.  Pada  saat  ini  sel-sel  tubuh  butuh  istirahat.  Pada  saat  sel  tubuh  bekerja  secara  normal  maka  metabolisme  yang  terjadi  adalah  aerob  tapi  apabila  ini  melebihi  waktu  normal  maka  akan  menjadi  anaerob.  Nah  proses  yang  terakhir  ini  yang  akan  cepat  merusak  sel.

4.  Hindari  Stress.

Pada  saat  ini  sangat  sulit  untuk  menghindari  dari  yang  namanya  stress.  Dengan  kenyataan ini  maka  kita  harus  pintar-pintar  mengelola  stress.  Pada  saat  stress  ada  satu  zat  yang  akan  keluar  yaitu  kortisol.  Zat  inilah  yang  melalui  mekanisme  yang  rumit  akan  membuat  lemak  sulit  dipecah,  tekanan  darah  naik,  bahkan  mampu  mengubah  sel.  Oleh  karena  itu  cobalah  mulai  sekarang  selalu  memiliki  positive  thinking,  bersyukur  dan  senantiasa  ikhlas  terhadap  segala  sesuatu  yang  terjadi.  Maka  usahakan  diri  kita  untuk  terus  bersuka cita  karena  hati  yang  gembira   adalah  obat  yang  manjur.

Dengan  menjalankan  empat  hal  tersebut  di atas  maka  kesehatan  tubuh  kita  akan  terus  terjaga.

————————————

OXGNews,  Edisi  33,  Mei-Juni  2010.

Semoga  kita  semua  bisa  menerapka  pola  hidup  sehat,  untuk  mendapatkan  hidup  yang  sehat  sempurna. ….


support for

Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World

18 pemikiran pada “Gaya Hidup Sehat

  1. Sekarang renungkan, apakah Anda berada di kondisi berikut ini?
    – Anda merasa seperti Badak yang berusaha menggapai ekornya sendiri atau seperti Tupai yang berlari-lari di dalam sangkar roda.
    – Anda sudah berusaha terlalu keras tapi penghasilan masih jauh dari yang Anda inginkan.
    – Anda belum melihat kesuksesan yang seharusnya bisa Anda raih.

  2. thanks infonya.. yg paling ingin aq hindari itu yg point no 4.. abis lg bergelut dgn skripsi yg kadang buat stress sangking susahnya nyari data…😀

  3. Sebenarnya jawaban ‘sehat yg kita berikan itu lebih dari sekedar ‘lipservice semata, bahkan lebih dari itu yaitu sebuah ungkapan ‘syukur yang memang selalu harus kita ucapkan baik melalui lisan ataupun hanya tersirat di dalam hati, meskipun sebenarnya kondisi kita sedang ‘sekarat sekalipun.

  4. nice tips fit. kalo aku yg bisa dilakukan sementara ini minum air yg banyak, kalo olahraga belum sempet soalnya sibuk kerja. ato mungkin gak ada niat olahraga ya? hahay😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s