Dasrun Ketemu Uni


Assalamu’alaikum  Wr.Wb..

 

Sahabat  semua,  akhirnya  wabah  Dasrun yang  sangat  aku  takuti,  sampai  juga  kerumahku,  dengan  perasaan  yang  galau  resah  dan  takut  tidak  mampu  memberikan  jamuan  yang  istimewa  pada  Maha  Bintang  yang  sedang  naik  daun  ini,  akhirnya  ku  coba  merangkai  kejadian  disekitarku.  Semoga  Mas  Dasrun  berkenan  dengan  peran  yang  aku  berikan  ini. Tak  lupa  ku  ucapkan  banyak  terimakasih  pada  sahabatku  Hudaesce yang  telah  memberikan  PR  yang  sangat  berat  ini.

 

Untuk  tamu-tamuku  yang  baru  hadir,  silahkan  mencicipi  menu    pembuka  :

  1. Nyambung  terussssssss …  Gaji  pertama  Dasrun  dicopet  oleh  mbak  Iyha.
  2. Sebuah  kisah  tentang  Dasrun …  Dasrun  dikasih  2000  perak  oleh  Usagi.
  3. Dasrun  Nyambung-bung … Nting  ngutil  dirumah  Prima.
  4. Pekat  tanpa  bintang … Dasrun  jualan  balon  ditabrak  oleh  Mandor  Tempe.
  5. Ada  Cinta  di  Rumah  Sakit … Dasrun  jatuh  cinta  pada   Denuzz.
  6. Peralihan  Cinta … Dasrun  bercerai  dengan  Usup.
  7. Roda  Kehidupan …  Nting  diusir  oleh  mbak  Erwin.
  8. Quantum  Dasrun! … Dasrun  diberi  pil  kehidupan  oleh  mas  Red.
  9. Dibawah  atap  Rumah  Dasrun … Rama  ditabrak  oleh  kang  Lambertus.
  10. Dasrun  Berpetualang … Dasrun  bertemu  lagi  dengan  Dr. Laras  dirumah  Hudaesce.
  11. Dasrun  Ketemu  Uni …  Ini  dia  kisahku,  silahkan  dibaca … 🙂

Dasrun  Ketemu  Uni

kira-kira seperti inilah lukisan wajah uni Fitray yang ketemu ama Dasrun

Pagi  minggu  yang  cerah,  Dasrun  Nting  dan  Rama    siap  untuk  bertamasya.  Dasrun  memakai  kaos  oblong  celana  jin  dengan  tas  ransel  dipunggungnya,  Nting  tidak  mau  kalah  kaos  oblong  senada  dengan  suaminya  dipadu  celana  jin  ditambah  mic-up  tipis  diwajahnya  yang  cantik.  Rama  sudah  siap  dari  tadi,  hingga  ketika  bapak  dan  enyaknya  baru  siap  keringat  sudah  mulai  mengalir  diwajah  polosnya.

“Kemana  tujuan  kita  mas ?” Tanya  Nting  sambil  mengunci  pintu  dan  mengikuti  langkah  suami  dan  anaknya.

“Belum  tau,  yang  penting  kita  naik  angkot  dulu  kekota,  nah  dari  sana  baru  kita  lihat  tempat  yang  paling  bagus”. Jawab  Dasrun  gelisah,  ia  mencoba  menutupi  perasaannya  yang  lagi  bimbang  oleh  wajah  seorang  perempuan,  dan  kejengkelannya  pada  lelaki  yang  selalu  menggoda  istrinya.

“Oh,  begitu  ya  mas ..”. Ucap  Nting  bingung  dengan  jawaban  suaminya.

Mereka  bertiga  naik  angkot  jurusan  kota,  minggu  begitu  sepi  hingga  diatas  angkot  hanya  ada  mereka  bertiga.  Dasrun  menatap  wajah  Nting  istrinya,  bola mata  yang  indah,  hidung  mancung,  bibir  tipis  dan  kulitnya  yang  putih  bersih.  “Pantas  saja  si  Jalal  itu  jatuh  cinta  setengah  mati  pada  istriku  ini”.  Bisik  Dasrun  dalam  hati.

“Bedak  enyak  cemong  ya  pak?  Kok  dari  tadi  bapak  liatin  wajah  enyak  terus ?” Tanya  Rama  mengagetkan  Dasrun  dan  Nting  juga  langsung  menyeka  wajahnya  dengan  tangannya.

Iya  ya  mas,  cemong  dimana  mas ?” Tanya  Nting  penasaran  sambil  mengeluarkan  kaca  kecil  dari  dalam  tasnya.

“Nggak,  kamu  cantik,  nggak  cemong,  Rama   nyak  kamu  cantik  makanya  dari  tadi  bapak  liatin  terus “. Jawab  Dasrun  sambil  merangkul  Rama.

“Betul  pak,  dikampung  kita,  nyak  paling  cantik,  apalagi  kalo  dandan  kaya  sekarang,  Fitri  nya  si  Cinta  Fitri  lewat  pak . hehehe “ Rama  bicara  dan  ketawa  nyengir,  sambil  ngeliatin  wajah  nyaknya  yang  udah  merah  kaya  kepiting  rebus.

“Eh  Fitri  yang  mana  ya ?” Tanya  Dasrun  pada  Rama dan  mendapat  cubitan  kecil  dari  Nting  istrinya.

Ditengah   keasikan  mereka  bertiga  ngobrol  dan  saling  menggoda,  tiba-tiba  angkot  yang  mereka  tumpangi  berjalan  pelan  dan  berhenti,  pak  supir  turun  memeriksa  ban  belakang …

“Maaf  pak,  ban  kempes  harus  diganti,  silahkan  bapak  pindah  ke  angkot  lain  ….” Kata  pak  supir  dengan  wajah  memelas.

Dasrun  segera  mengajak  istri  dan  anaknya  turun  bermaksud  pindah  ke  angkot  lain,  tapi  langit  mendadak  gelap,  dan  satu  persatu  bulir  air  jatuh  makin  lama  makin  deras.  Disaat  itu  Dasrun  memutar  pandangannya  kesekeliling  dan  menemukan  sebuah  warnet,  tanpa  pikir  panjang  Dasrun  dengan  ransel  dipunggung  menarik  anak  dan  isrtrinya  berlari  menuju  warnet  itu.

“Mas,  kami  numpang  berteduh  disini  ya …?” Dasrun  menganggukkan  kepalanya  pada  pemuda  penjaga  warnet.

“Silahkan  pak,  duduk  disini  aja,  hujannya  bakalan  lama  pak,  udah  biasa  cuaca  ekstrim  seperti  ini ..” Pemuda  yang  tak  lain  adalah  Lozz  Akbar  tersebut  mempersilahkan  Dasrun  dan  keluarganya  duduk  di deretan  bangku  yang  kosong.

“Trimakasih  mas “ Dasrun  duduk  setelah  mengibaskan  bulir  air  yang  membasahi  pakaian  dan  ranselnya.  Nting  dan  Rama  juga  basah,  mereka  mulai  menggigil  kedinginan.

“Rokok  pak, ..” Seorang  pemuda  yang  dari  tadi  duduk  di  bangku  paling  pojok  menawarkan  pada  Dasrun,  tanpa  menunggu  lama  ruangan  mulai  dipenuhi  asap  rokok.

“Trimakasih  dek,  baru  pulang  kuliah ?” Tanya  Dasrun  pada  pemuda  yang  barusan  menawarkan  rokok  padanya.

“Iya  pak,  mau  pulang  eh  terjebak  hujan,  jadi  saya  berteduh  disini  saja,  mas  Akbar  baik  kok  pak,  gak  bakalan  ngusir  kita ..” Mahasiswa  yang  ternyata  bernama  Huda  bicara  sambil  tersenyum  memandang  Akbar  yang  masih  sibuk  dengan  layar  komputernya.

“Pak,  anak  dan  istrimu  kedinginan  itu,  sepertinya  mereka  lapar..” Wanita  yang  duduk  tepat  disebrang  mereka  nyeletuk  sambil  memperhatikan  Nting  dan  Rama.  “Nih  saya  punya  keripik  sanjai  balado  asli  dari  Padang,  ayo  dimakan,  lumayan  untuk  mengganjal  perut..”

“Terimakasih  mbak,  memang  tadi  kami  belum  sarapan …” Kata  Dasrun  mengambil  sekantung  keripik  sanjai  balado  yang  bermerek  Rangkiang  itu,  tidak  menunggu  lama  mereka  mulai  asik  makan  keripik  itu.

“Nama  saya  Uni  Fitray,  panggil  Uni  bukan  mbak,  ambo  asli  dari  Padang,  merantau  kasiko ..” Jelas  perempuan  yang  nyaman  dipanggil  uni  dan  tidak  mau  dipanggil  mbak.

“Eh  iya  uni,  enak  keripiknya,  ..hehehe..” Dasrun  tertawa  mendengar  logat  Padang  yang  kental  dari  perempuan  yang  bernama  uni  Fitray.

“Uni,  mana  untuk  aku,  dari  tadi  disini  tapi  tidak  dikasih  keripik..”? Kata  Akbar  yang  sudah  berdiri  memandang  uni  dan  celingukan  melihat  keripik  yang  mulai  ludes  dimakan  Dasrun  dan  keluarganya.

“Kamu  sudah  kukasih  kemaren,  masak  tiap  hari  harus  kasih  kamu,  bisa  rugi  ambo ..” Kata  uni  cuek  tidak  perduli  dengan  Akbar  yang  udah  ngiler.

“Iya  uni,  kita  harus  hidup  penuh  perhitungan,  sekarang  zaman  semakin  susah,  mencari  uang  sangat  sulit”. Huda  membenarkan  sikap  uni  yang  selalu  hidup  dengan  perhitungan  untung  ruginya.

“Nah  tuh  si  Huda  tau,  makanya  Akbar  kamu  tu  belajar  pada  mahasiswa  seperti  ini,  jangan  facebook  aja  yang  kamu  urus  tiap  hari,  tak  bikin  pintarlah  Fb  itu “ Celetuk  uni  pada  Akbar  yang  mulai  duduk  mendekati  Nting  istri  Dasrun.

“Bilang  aja  uni  pelit,  nggak  usah  banyak  ceramah “ Jawab  Akbar  sambil  tangannya  mulai  ikut  mengambil  keripik  yang  kantongnya  dipegang  Nting.

“Ya  iyalah,  pelit  aja  gak  kaya-kaya,  apalagi  gak  pelit ..” Celetuk  uni  pelan.  Mereka  semua  tertawa  ngakak  mendengar  celetukan  uni  Fitray  ini.

“Uni,  kerjanya  apa ” Tanya  Dasrun  penasaran,  dan  mulai  merasakan  keakraban  ditengah  ruangan  yang  tidak  begitu  luas.

“Ambo,  manggaleh  di  Tanah  Abang,  oya  kalo  kamu  mau  ikut  ambo,  biar  ambo  ajarkan  kamu  dagang,  jadi  saudagar  kayo  nanti  kamu,  kenal  tidak  dengan  Malin Kundang ?,  nah  itu  saudagar  terkenal  dari  kampuang  ambo ” Cerita  uni  bersemangat.

“Aku  tak  punya  darah  dagang  uni ..” Jawab  Dasrun  tersenyum.

“Tak  perlu  punya  bakat  ,  cukup  punya  suara  lantang,  nah  seperti  ini  …  DIPILIH-DIPILIH  …  SAYANG  ANAK, SAYANG  BINI,  TANGAN  PENDEK  LIMO  BALEH  RIBU,  TANGAN  PANJANG  MALIANG …” Uni  berdiri  dan  memperagakan  gaya  dagang  andalannya.  Tiba-tiba  saja  ruangan  yang  sempit  itu  menjadi  riuh  oleh  tawa  Akbar  dan  Huda,  Dasrun  menahan  tawa  sambil  memegang  perutnya,  karena  ia  merasa  tak  enak  hati  pada  uni.

“Uni,  tangan  pendek  limo baleh  ribu,  tangan  panjang  maliang  itu  apa ..” Tanya  Dasrun  setelah  tawa  tertahannya  amblas  masuk  perut.

“Itu,  baju  yang  tangan  pendek  harganya  lima belas ribu rupiah,  tangan  panjang  itu  maling …  iyakan  betul  ambo kan ?” Jelas  uni  tanpa  mempedulikan  Akbar  dan  Huda  yang  tertawa  terbahak-bahak.

“Pak,  mending  kerja  seperti  aku  ini,  di ruangan  ber AC,  duduk  manis  di depan  komputer,  ngitung  duit,  nggak  perlu  teriak  dan  berpanas-panas  pak ..” Kata  Akbar  setelah  tawanya  reda.

“Iya  ya  mas,  tiap  hari  ngitung  duit,  terus  bisa  main  komputer  ya  mas ” Jawab  Dasrun  sambil  matanya  takjub  menatap  layar  komputer.

“Iya,  nanti  aku  ajarkan  facebook  dan  ngeblog,  mas  bisa  jadi  penulis,  terus  tulisannya  kita  bikin  buku,  kita  jual  dapat  duit  mas,  apalagi  kalo  ada  produser  yang  lirik  tulisan mas,  bisa  di jadikan  sinetron  atau  film,  wuah  bisa  kaya  kita  mas …” Akbar  mulai  menuangkan  idenya,  dan  didengar  oleh  Dasrun  dengan  kepala  yang  tak  berhenti  mengangguk-angguk.

“Ngimpi  ae  kamu  Akbar,  mana  buktinya  kamu  bikin  buku,  la  wong  tiap  minggu  kerjamu  mendaki  gunung  terus  og..” Kata  Huda  memotong  perkataan  Akbar.  “Mas,  kuliah  dulu  kaya  aku,  ntar  setelah  gelar  sarjana  ditangan,  baru  kita  melamar  pekerjaan  dikantor-kantor  yang  bonafit,  nggak  warnet  kaya  ini  mas,  satu  lagi  mas,  melamar  cewek  idola  di kampung,  gak  bakalan  di tolak  mas,  Sarjana ….  hehehe ” Huda  mulai  menjelaskan  proposal  yang  ia  miliki,  dan  Dasrun  tak  kalah  takjub  dengan  mahasiswa  ini.

“Hah,  melamar  cewek  idola?  la  Nting  mau  dikemanain  mas ..?” Nting  yang  dari  tadi  diam  tiba-tiba  nyeletuk  menyadarkan  Huda  kalo  orang  yang  di ajaknya  bicara  sudah  memiliki  istri  dan  anak,  Huda  langsung  minta  maaf  pada  Nting,  sedangkan  Akbar  dan  uni  cekikikan  ketawa  geli,  kasian  lah  liat  wajah  Huda  yang  pucat  pasi.

Hujan  di luar  mulai  reda,  menyisakan  titik-titik  air  yang  biasa  disebut  orang  Padang  “RINAI  PAMBASUAH  LUKO”    kalo  bahasa  Indonesianya  “GERIMIS  PENCUCI  LUKA”.  Uni  bangkit  dari  duduknya  dan  melirik  pada  Dasrun.

“Gimana  mas,  mau  pilih  siapa?  Ikut  ambo  dagang  di Tanah  Abang,  atau  Akbar  jaga  warnet,  atau  kuliah  bareng  si  Huda ?” Tanya  uni  sambil  memainkan  kunci  mobil  ditangannya.

“Pilih  apa  uni ?” Tanya  Dasrun  bingung.

“Ambo  sudah  kasih  kamu  sekantong  keripik,  sudah  berikan  rahasia  dagang  ambo,  kamu  masih  tidak  mengerti ?  Haduuuhhh   ,,  rugi  banyak  lah  ambo  hari  ini “. Uni  berkata  sambil  menepuk  kepalanya.

“Pak,  tante  ini  suruh  bapak  milih,  dagang, jaga  warnet, atau  kuliah  dulu ..” Rama  bicara  sambil  melap  mulutnya  yang  dipenuhi  serpihan  keripik.

“Iya  deh  uni,  aku  harus  berpikir  dulu  uni,  sekarang  aku  mau  ajak  anak  dan  istriku  jalan-jalan  dulu,  sambil  aku  memikirkan  mau  ikut  siapa  diantara  kalian  bertiga”. Kata  Dasrun  sambil  bersiap  meninggalkan  warnet  itu.

Setelah  Dasrun  pamit  dan  berterimakasih  pada  Akbar   Huda  dan  Uni  yang  masih  berdiri  bengong,  mereka  bertiga  kembali  melanjutkan  perjalanan  yang  tadi  tertunda.  Hari  sudah  beranjak  sore,  akhirnya  Nting  mengajak  suami  dan  anaknya  untuk  pulang  saja.

Tamasya  yang  indah  gagal  total  gara-gara  hujan,  tapi  Dasrun  mendapat  tawaran  yang  menggiurkan  dari  uni,  Akbar,  dan  Huda,  tapi  harus  memilih  salah  satu.  Ketiganya  sangat  menggoda  untuk  dilakukan,  langkah  yang  pas  untuk  mewujudkan  masa depan  yang  lebih  indah.  Tapi  Dasrun  bingung  mau  pilih  yang  mana  ya ..???

Nahhhhh  untuk  pilihan  ini,  aku  persilahkan  pada  sahabatku  untuk  memilih,  dengan  sangat  senang  hati  aku  berikan  estafet  ini  pada  mbak  YSalma . Dan  sesuai  mandat ,  kalo  udah  selesai  tolong  dilempar  ke sahabat  blogger  yang  lainnya ..  Trimakasih ..







79 pemikiran pada “Dasrun Ketemu Uni

  1. bagguuussssssss. aku jatuh cinta sama si uni ini, gesit dan pintar dagang. cocok diculik ama annunaki buat dijadiin istrinya wakakakakaka😆 bagus banget ceritanya!

  2. Semoga dasrun nggak milih jaga warnet, hahaha…
    Oalah Uni ini artinya Mbak ya? kalo gitu saya panggil Uni juga ah sama si tokoh dan sama si empunya blog ini, hehe, sama ya..

    • ya mas, padahal dah do’a yg panjang biar gak dapat wabah Dasrun,, tapi ternyata kebagian juga,,

      qu usahakan Dasrun bahagia di rumahku mas, sejenak rehat dari kegetiran hidupnya kemaren2 ..🙂

    • qu bantuin garuk kepalanya mbak .. heheheee

      Dasrun kemaren dah menderita bgt mbak,, makanya qu jamu dia dg keceriaan biar Dasrun bisa tersenyum sejenak .. heheheee🙂

    • tidak ganti kerja, tapi kerja sampingan atau ekonomi berjenjang, biar kalo satu di pecat masih ada pemasukan dari tempat lain .. heheheee🙂

  3. Ping-balik: Dasrun Diantara Pilihan | YSalma

  4. nanti aja saya bikinkan warnet sendiri si Dasrun dan saya namai DasruNet..

    tapi ada syarate si Ntink yang kayak KD kasihkan aku hahahaha.

    ono-ono wae Uni… aku kepingkel iki

  5. hhahahahha… teriakan khas pedagang ya Ni.. mulai sekarang panggil Uni deh..🙂
    satu lagi yang khas, yak, boleh belanjanya…. hahhaha…😛
    sip, bagus ceritanya Ni, lebih hidup,, tinggal kita tunggu nih di rumah mbak Ysalma, bakalan kayak gimana si Dasrun, ehhe

    makasih banyak Uni, udah mau lanjutin cerita si Dasrun..🙂
    moga persahabatan kita nyambung terus ya Ni…

  6. Padang = pandai dagang, he,,he… Jujur Saya salut dgn fenoma dasrun ini. Lewat cara ini sesama blogger bisa saling silaturrahmi, menjalin persahabatan. Saling membutuhkan & menguntungkan satu sama lainnya. Seperti simbiosis mutualisme-nya bunga dan kupu2. Makasih Uni🙂

  7. Dasrun… teganya kau menghianati diriku..pakai nginep segala.. aku jeles berat ke kamu awas loe Srun.. Uni hanya milikku seorang, gak rela kamu mendahuluiku.. Uni..bersiaplah aku akan menculik dirimu🙂😀

  8. amboi…
    ngalir. dan sepertinya tokoh uni menjadi muara cerita di sini. mantap. ^.^

    tapi, jangan jadi saudagar yang durhaka pada orang tua kayak malin lah. hahahha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s